Jumat, 28 Maret 2008

EBI adalah udang kecil yang sudah dikeringkan.Berwarna agak oranye.Bila akan menggunakan ebi dalam masakan pilih ebi yang besar, kering dan aromanya segar.

MERICA PUTIH adalah sejenis rempah berbentuk buturan kecil berwarna putih gading yang beraroma khas dan terasa agak pedas. Sebelum digunakan merica harus dahaluskan terlebih dahulu.Sekarang sudah tersedia merica halus di pasaran.

MERICA HITAM adalah jenis merica yang berwarna hitam dan rasanya lebih pedas dari merica putih.

SELASIH adalah sejenis biji berasal dari biji kemangi . Biasa dipakai untuk tambahan minuman dingin dan rasanya tawar.

KAS-KAS adalah biji candu yang berwarna hitam. Biasa juga disebut poppy seed. Berbentuk butiran yang sangat kecil. Biasa juga dipakai untuk taburan permukaan roti. Dijual dalam kemasan plastik, biasanya tersedia di toko bumbu tradisional.

MINYAK WIJEN adalah minyak goreng rendah kolesterol yang berfungsi sebagai bumbu dan memberikan aroma dan rasa yang khas pada masakan.

SAUS TIRAM adalah saus yang terbuat dari proses peragian tiram yang diawetkan dengan air garam. Memiliki rasa perpaduan asin dan manis. Dipasaran dijual dalam kemasan botol.

SAUS HOISIN adalah saus yang terbuat dari tepung terigu, kacang kedelai dan rempah rempah. Memiliki rasa manis. Biasa ditambahkan pada masakan cina.

CHILI BEAN SAUCE adalah sejenis tauco yang memiliki rasa pedas. Terbuat dari kacang kedelai, tepung terigu dan rempah-rempah. Tersedia di pasar swalayan dalam kemasan toples.

KECAP KIKKOMAN yaitu bumbu masak khas Jepang berbentuk saus kecap. Terbuat dari berbagai macam tumbuh-tumbuhan khas Jepang. Penambahan kecap ini pada masakan akan menambahkan rasa lezat dan gurih.

MUSHROOM SAUCE adalah saus yang terbuat dari jamur, tepung terigu, kacang kedelai, gula, garam dan air. Penggunaannya dimaksudkan untuk menambah rasa manis dan warna coklat pada masakan.

TAUSI adalah sejenis tauco yang terbuat dari kacang kedelai hitam dan ragi yang kemudian diasinkan.

BUMBU NGOHIANG adalah campuran dari berbagai rempah yang terdiri dari merica cina, kayu manis, cengkih, dan bunga lawang. Biasa datambahkan pada masakan cina.

CUKA BERAS adalah jenis cuka yang dihasilkan dari proses fermentasi beras ketan dan air.

OREGANO adalah rempah daun beraroma khas berasal dari Eropa, sehingga banyak dipakai dalam masakan Eropa. Dipasar swalayan dijual berbentuk segar dan kering dalam kemasan botol.

1 Komentar:

Pada 14 April 2008 pukul 16.38 , Anonymous Anonim mengatakan...

Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

http://www.infogue.com
http://www.infogue.com/makanan_minuman/istilah_bahan_makanan/

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

Free Web Hosting with Website Builder