Senin, 28 April 2008

Bagian-bagian daging sapi

BAGIAN BAGIAN DAGING DALAM PEMBUATAN STEAK

Saat ini steak yang dikenal sebagai makanan impor telah menjadi menu makanan yang cukup sering dikonsumsi oleh sebagian orang indonesia. Biasanya bila ingin menyantap steak kita pergi ke restoran atau rumah makan yang menyediakan menu steak dengan harga yang cukup mahal bagi sebagian besar masyarakat indonesia.

Namun sebenarnya steak bisa kita buat sendiri di rumah bersama keluarga. Kadang-kadang kita bingung memilih bagian daging steak yang akan kita buat maupun bila kita memilih menu steak di restoran.

Dibawah ini beberapa jenis variasi steak yang biasa kita temui, karena tidak semua bagian daging sapi dapat kita olah menjadi steak. Hanya tekstur daging sapi yang empuk dari beberapa bagian tubuh sapi yang dapat dibuat steak, antara lain:

*TENDERLOIN

Biasa kita mengenalnya dengan sebutan daging sapi has dalam. Tenderloin ini berasal dari loin yang berada didepan sirloin dan dibelakang tulang rusuk. Daging bagian ini tidak mengandung lemak dan merupakan bagian daging sapi paling lembut karena otot pada bagian ini tidak bekerja keras. Bentuknya memanjang seperti ular dan dipotong diagona.

*SIRLOIN

Disebut juga daging sapi has luar. Berasal dari bagian belakang sapi. Daging bagian ini memiliki lemak biasanya terdapat pada pinggirnya.Teksturnya lebih keras dibanding tenderloin namun dapat dipotong lebih besar karena ukuran daging bagian ini cukup besar.

*STRIPLOIN (TOPLOIN)

Daging sapi yang membungkus bagian tenderloin. Lebih lembut daripada sirloin namun lebih keras dibanding tenderloin.

*SHORTLOIN

Sebutan untuk daging sirloin versi besar. Letaknya dari punggung sapi kebelakang, mendekati bagian buntut.

*RIB (TULANG RUSUK)

Berasal dari daging disekitar tulang rusuk. Rib steak disajikan bersama tulang rusuk. Jika tulang nya tidak ikut dihidangkan, namanya menjadi rib eye steak (daging sapi lamusir) dengan lemak melintang di bagian tengah daging.

*T-BONE

Kita mengenalnya sebagai daging sapi lulur bertulang. Sesuai namanya, daging bagian ini memiliki tulang berbentuk huruf T yang dikelilingi daging pada kedua sisinya. Sisi yang memiliki daging lebih sedikit adalah daging tenderloin dan sisi lainnya yang memiliki daging lebih banyak disebut striploin.

*PORTERHOUSE

Hampir sama dengan T-bone, yang membedakannya adalah porterhouse memiliki daging tenderloin lebih banyak daripada sirloin.

Demikian sedikit keterangan mengenai bagian-bagian daging sapi yang biasa dibuat steak. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

Free Web Hosting with Website Builder